Virus & AntiVirus KOmputer>>BAB4

BAB 4 Virus & AntiVirus Komputer

VIRUS KOMPUTER 
  •  Pengertian Virus
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Jenis-Jenis Virus :

  1. Virus Compiler, virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang. Virs pertama ini sangatlah sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah, assembler. Memang bahasa ini cocok untuk membuat virus namun sangatlah susah menggunakannya. Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.
  2. Virus File, adalah virus yang memanfaatkan file yang dapat diijalankan/dieksekusi secara langsung. Biasanya file *.EXE atau *.COM. Tapi bisa juga menginfeksi file *.SYS, *.DRV, *.BIN,   *.OVL dan *.OVY. Jenis Virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media      penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan. 
  3. Virus Sistem, atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Kenapa begitu karena virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Sering terdapat di disket/tempat penyimpanan tanpa sepengetahuan kita. Saat akan menggunakan komputer(restart), maka virus ini akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector jika disket yang terinfeksi ada di drive disket/tempat penyimpanan. 
  4. Virus Boot Sector, virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus.Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi. 
  5. Virus Dropper, suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. setelah terinstal, maka virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar. Dropper bisa berupa nama file seperti Readme.exe atau melalui Command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan. Satu program Dropper bisa terdapat beberapa jenis Virus. 
  6. Virus Script/Batch, awalnya virus ini terkenal dengan nama virus batch seperti yang dulu terdapat di file batch yang ada di DOS.Virus script biasanya sering didapat dari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBscript,4 maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer. 
  7. Virus Macro, virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, Corel WordPerfect dan sebagainya. Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain. 
  8. Virus Polymorphic, dapat dikatakan virus cerdas karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga sulit dideteksi oleh Antivirus. 
  9. Virus Stealth, virus ini menggunakan cara cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk meyembunyikan kode program tambahan di dalamnya. Kode ini memungkinkan virus ini dapat menyembunyika diri. Semua jenis virus lain juga memanfaatkan kode ini. Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file. 
  10. Virus Companion, virus jenis ini mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalin untuk meletakkan virus. Alasannya, file *.COM berjalan sebelum file *.EXE. 
  11. Worm, ini adalah sebuah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri. Akan tetapi, worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Oleh karena itu, Worm tidak digolongkan ke dalam virus. Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang Worm. Penyebarannya pada komputer lainnya melalui jaringan. Dalam perkembangannya Worm mengalami “mutasi genetik” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file, ini biasa disebut virus Hybrid. 
  12. Virus Hybrid, virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia. 
  13. Trojan horse, disebut juga kuda troya. Trojan Horse tidak menyebar seperti yang lain. Karena itu, Trojan Horse tidak tergolong virus walaupun karakteristiknya sama. Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna. Namun akhirnya virus menjadi berbahaya, misalnya melakukan format hardisk. 
  14. Virus E-mail, Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menyebar melalui e-mail (biasanya dalam bentuk file lampiran/attachment). Virus memiliki ciri khusus berupa ekstensi .scr, .exe, .pif, atau .bat. Apabila Virus ini aktif, maka dia akan mengirimkan dirinya sendiri ke berbagai nama alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat pengguna. 
  15. Virus Multipartite, Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi file-file komputer sekaligus boot sector pada harddisk. Virus jenis ini akan menimbulkan banyak masalah karena menyebabkan kerusakan yang fatal.


ANTIVIRUS KOMPUTER
  • Avast! Free Antivirus

Avast yang telah hadir dan dikembangkan sejak tahun 1988 ini merupakan salah satu program antivirus yang paling sering digunakan oleh para pemakai PC. Antivirus ini tidak perlu melakukan langkah sulit untuk diinstal, tampilan yang compact dan cukup untuk mempermudah penggunaan, dan quick scan pertama biasanya akan langsung mendeteksi potensi bahaya dalam PC Anda. Dengan performa yang baik, Avast sendiri tidak memakan terlalu banyak memori untuk bisa digunakan sehingga sistem dan performa dari PC Anda takkan terganggu karenanya.
Avast memiliki beberapa fitur juga seperti boot-time scan di mana program akan membersihkan malware sebelum Windows melakukan booting. Avast juga cukup baik dalam memblokir alamat situs yang mencurigakan, menghentikan spam email, secara otomatis melakukan sandbox terhadap program beresiko, dan dapat menghapus toolbar dalam browser yang tidak diinginkan.
  • Avira Free AntiVirus

Untuk perlindungan PC terhadap virus, trojan, worm, malware, spyware, adware dan lain sebagainya, Avira merupakan salah satu antivirus terkuat di kelasnya. Avira cukup mudah untuk dioperasikan dan tak perlu mengerti terlalu banyak istilah untuk dapat menggunakannya. Antivirus ini memiliki kemampuan baik dalam melakukan blokir terhadap malware dan memiliki toolbar untuk browser untuk pengamanan dalam melakukan selancar dalam internet. Sehingga Anda tak perlu takut akan memasuki sebuah situs yang mencurigakan dan memiliki banyak virus di dalamnya karena Avira mampu mendeteksinya lebih dulu.
Hal yang mungkin menjadi salah satu kesulitan dalam mengoperasikan Avira ini adalah tampilan program yang cukup kompleks terutama bagi pemakai PC yang masih awam. Walau begitu, hal ini dapat dipelajari lebih lanjut untuk bisa menggunakan Avira secara utuh.
  • AVG Free Antivirus


Membutuhkan antivirus kuat dengan performa baik? AVG bisa menjadi salah satu alternatif Anda. AVG Antivirus dapat dikatakan sebagai salah satu kandidat antivirus terbaik dalam memberikan perlindungan terhadap berbagai macam resiko dalam PC. Selain melindungi PC secara efektif dari segala virus dan malware, AVG juga dapat melakukan scanning terhadap email dan alamat situs, sehingga Anda tetap bebas dari virus selama menjelajahi dunia internet.
Ketika menggunakannya untuk pertama kali, mungkin Anda akan memiliki kesulitan dalam tampilannya yang terlihat kompleks. Namun tampilan ini dapat dengan cepat dipelajari dan Anda akan segera bisa mengoperasikannya tanpa mengalami kesulitan lagi. AVG juga tergolong salah satu antivirus yang tidak akan memakan banyak memori dalam sistem komputer sehingga takkan mengganggu kinerja PC Anda.
  • Ad-Aware Free Antivirus+

ad-aware
Antivirus ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1999 sebagai program untuk memperingati penggunanya akan “Web beacons”, sebuah gambar tersembunyi yang digunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk dapat melakukan track terhadap aktivitas online kita. Ad-Aware kini berkembang menjadi sebuah antivirus yang cukup kuat secara performa dalam melindungi PC terhadap beragam jenis malware.
Ad-Aware yang dikembangkan oleh Lavasoft ini memiliki proses instalasi yang mudah dengan tampilan yang cukup compact untuk mempermudah penggunanya ketika hendak mengoperasikannya. Antivirus ini memiliki performa baik dalam melindungi PC dari serangan malware. Umumnya, antivirus yang berada saat ini sering melakukan blokir terhadap program yang dianggap “beresiko” padahal sebenarnya tidak. Namun Ad-Aware mampu membedakannya sehingga Anda tak perlu khawatir antivirus ini akan memblokir program resmi Anda.
  • Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender
Bitdefender bisa dikatakan sebagai salah satu antivirus yang memiliki sistem dan performa kuat di kelasnya. Antivirus ini memiliki tampilan yang ultra-compact dengan proses download dan instalasi yang sangat cepat (tergantung kecepatan koneksi internet). Versi gratisnya akan menawarkan beberapa produk selain Bitdefender, akan tetapi hal tersebut bisa Anda batalkan dalam proses instalasinya. Bitdefender memiliki tampilan yang sangat standar dan pastinya dapat mempermudah penggunaannya. Tampilan sederhana tersebut juga didukung dengan kemampuannya untuk bisa menanggulangi resiko dalam PC.
Versi gratis dengan versi berbayarnya akan memiliki tampilan yang berbeda, akan tetapi performanya cukup baik dan tidak akan memberatkan kinerja komputer Anda. Bitdefender bisa menjadi salah satu alternatif antivirus gratis untuk Anda yang tidak menginginkan antivirus yang terlalu berat. 
  • SmadAV
 








SmadAV  adalah Antivirus lokal tak berbayar yang dikhususkan untuk mengatasi virus–virus lokal ataupun mancanegara yang menyebarluas di Indonesia.Smadav dapat digabungkan dengan hampir semua antivirus internasional. Setelah digabungkan, Smadav akan melindungi komputer Anda dari virus lokal dan antivirus internasional tersebut yang akan melindung Anda dari virus internasional secara keseluruhan
  • PCMAV

Antivirus ini adalah kepanjangan dari PC Media Antivirus. Antivirus ini merupakan antivirus gratis yang dikembangkan oleh PC Media, sebuah majalah komputer terbesar di Indonesia yang terbit setiap bulan.
Antivirus ini selain berjalan menggunakan engine sendiri, bisa juga menggunakan engine dari ClamAV sebagai plug-in yang diklaim akan mampu mendeteksi virus lebih banyak.
Namun sayangnya, antivirus yang dimulai dari awal 2006 ini, proses scanning-nya terlalu lama. Sehingga bagi Anda yang memiliki spesifikasi komputer rendah, Anda harus sedikit bersabar karena perfoma komputer Anda akan sedikit menurun. Saat ini PCMAV 4.1 telah dirilis, yang mampu mengenali 3.494 virus dan variannya.
  • McAfee Total Protection 2009
 
Dibuat oleh McAfee Inc. yang berpusat di Santa Clara, California. Keunggulannya adalah easy to use, adanya anti-spam dan anti-spyware, cepat dalam proses scanning, dan adanya system guards.
  • Norton Internet Security 2010
 
Dikembangkan oleh Symantec Corp. Antivirus ini menawarkan keamanan komputer, web, backup dan alat pemeliharaan komputer. Norton memiliki pelindung terhadap virus, trojan, spyware dan adware
  • Ansav

Antivirus buatan Indonesia lainnya yang cukup populer adalah Ansav. Antivirus ini mempunyai ukuran yang cukup kecil, yakni sekitar 800 KB. Selain bisa digunakan untuk membasmi virus, Ansav juga bisa digunakan untuk memperbaiki sistem registry yang dirusak oleh virus. Uniknya antivirus ini memiliki 4 bahasa yakni: Inggris, Jawa, Palembang, dan Indonesia.

Itulah beberapa Antivirus yang bisa gunakan untuk membasmi virus di komputer. Bagi Anda yang menemukan virus yang belum bisa dideteksi oleh antivirus-antivirus tersebut, Anda bisa mengirimkannya kepada mereka untuk diteliti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

biodata lyla band

lirik lagu Bruno Mars "Move On"

Lirik lagu Avril Lavigne – Wish You Were Here